Indonesia Retail Summit 2023 Resmi Digelar, Ritel ASEAN Jadi Episentrum Pertumbuhan Ekonomi

JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan  Staf Ahli Bidang Transformasi Digital, Kreativitas, dan Sumber Daya Manusia Kemenko Perekonomian Rizal Edwin mewakili Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, didampingi ketua HIPPINDO Budihardjo Iduansjah, Hedy Djaja Ria, Ketua HBDI Anne Patricia Sutanto, Ketua IRS Fetty Kwartati, Ketua Harmoni  membuka secara resmi ajang Indonesia Retail Summit 2023, yang berlangsung di Ballroom Pullman Hotel, Central Park, Jakarta Barat, Senin (14/8).

Pertemuan terbesar para pelaku ritel dan  ekosistem ritel yang kedua dilaksanakan oleh  Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) ini berlangsung selama dua hari (14-15 Agustus 2023), denga mengangkat tema ASEAN Retail : Epicentrum of Growth.

Sejumlah agenda dalam Indonesia Retail Summit 2023, menghadirkan beberapa diskusi panel yang dijadikan solusi untuk memecahkan masalah-masalah yang terjadi di dunia  ritel dan juga menciptakan inovasi untuk pertumbuhan industri ritel. Selain itu juga digelar Hari Retail Modern Indonesia (Harmoni/15-08/2023) dan Harmoni Award atau  malam penganugerahan bagi pelaku usaha ritel.

Ketua Umum HIPPINDO Budihardjo Iduansjah mengatakan HIPPINDO merasa terpanggil untuk membantu Pemerintah mewujudkan Indonesia Emas. Oleh karena itu HIPPINDO menginisiasi untuk menyelenggarakan Indonesia Retail Summit yang diharapkan dapat menggerakan perekonomian dari sektor retail.

Budihardjo menyebut ASEAN bakal menjadi kawasan penopang ekonomi dunia. Bahkan dengan pertumbuhan ekonomi yang terus naik, tidak menutup kemungkinan ASEAN  dapat mengalahkan kekuatan ekonomi Eropa. Oleh karena itu,  sektor ritel untuk kawasan ASEAN perlu digenjot melalui event seperti Indonesia Retail Summit.

 “ASEAN ini merupakan tulang punggung dari pergerakan ekonomi di dunia ditambah growth-growth-nya sangat bagus, kita bisa menggantikan Eropa bahkan bahkan mungkin berpartner dengan China. ini tanggung jawab yang harus kita lakukan untuk itu perlu diperlukan event-event yang sifatnya B2B atau B2C,” ujar Budihardjo. Ia juga menyebut dalam event ini sejumlah perwakilan Negara ASEAN ikut berpartisipasi.

Asisten Perekonomian dan Keuangan Setda Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati memberikan apresiasi kepada HIPPINDO yang  banyak membantu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta  dalam memulihkan perekonomian di Ibu Kota terutama saat pandemi terjadi.

Sri Haryati juga menambahkan bahwa Provinsi DKI Jakarta sangat membuka diri untuk memberikan  regulasi-regulasi yang dipandang perlu guna mempercepat pertumbuhan ekonomi..

Staf Ahli Bidang Transformasi Digital, Kreativitas, dan Sumber Daya Manusia Kemenko Perekonomian Rizal Edwin, mewakili Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan bahwa potensi pertumbuhan ekonomi ASEAN sangat bersar karena didukung populasi sebanyak 679 juta jiwa atau sekitar 8% dari total penduduk dunia. Karenanya  apa yang diinisiasi HIPPINDO sangat baik dan patut diapresasi.

Acara ini dihadiri seribu lebih tamu undangan yang terdiri dari pejabat Kementerian, Duta Besar dan Atase Perdagangan Negara Sahabat, Mitra kerja, Pengurus dan anggota HIPPINDO.

Source: https://internationalmedia.co.id/indonesia-retail-summit-2023-resmi-digelar-ritel-asean-jadi-episentrum-pertumbuhan-ekonomi/

Facebook
Pinterest
Twitter
LinkedIn