Sempat Terpuruk Karena Pandemi, Inilah Program untuk Pulihkan Industri Ritel

 Sempat Terpuruk Karena Pandemi, Inilah Program untuk Pulihkan Industri Ritel

Suara.com – Gegara pandemi, industri ritel sempat terdampak selama kurang lebih 2 tahun. Para peritel mengalami penurunan, baik dari segi daya beli, hingga transaksi.

Namun untunglah, seiring dengan perubahan zaman yang sekarang sudah semakin canggih karena adanya integrasi dengan marketplace atau digitalisasi, industri ritel bisa cepat dipulihkan.

Untuk membantu pemulihan industri ritel, HIPPINDO, Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia, menghadirkan program tahunan baru, yaitu Indonesia Retail Summit, yang akan berlangsung selama dua hari, mulai 15 Agustus 2022, bertempat di lantai 4 dan 5 Gedung Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat.

Program yang diselenggarakan bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI ini mendapat apresiasi dari Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan.

“Komitmen HIPPINDO melalui kegiatan Indonesia Retail Summit yang akan berlangsung di Sarinah bulan Agustus 2022 mendatang ini diharapkan dapat menjadi wadah sosialisasi untuk para peritel di Indonesia agar dapat terus berkembang dan peran kami dalam menjadikan industri retail tumbuh secara maksimal, sekaligus mendukung perputaran perekonomian nasional,” kata Zulkifli dalam konferensi pers, Kamis, (14/7/2022).

Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Repiblik Indonesia, Henky Hotma Parlindungan Manurung, menambahkan bahwa sama halnya seperti industri ritel, industri pariwisata pun harus berfokus untuk menyesuaikan kondisi saat ini dengan menetapkan strategi-strategi yang dapat turut membangkitkan kembali industri pariwisata di Indonesia.

“Salah satu komitmen yang dilakukan adalah sinergi yang kami jalin dengan HIPPINO, yang memiliki peran penting dalam mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif bersama dengan kami dari pihak pemerintah. Mari kita manfaatkan kesempatan acara “Indonesia Retail Summit 2022” yang mengangkat moto Recover Retail Together & Stronger, agar menjadi tonggak kelahiran kembali dari industri pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia kedepannya,” katanya.

Ketua Umum HIPPINDO, Budihardjo Iduansjah menjelaskan, “Indonesia Retail Summit merupakan upaya HIPPINDO untuk membantu pemulihan ekonomi nasional dan berfokus untuk memulihkan kembali ritel offline melalui kolaborasi dengan produk lokal maupun global.”

Indonesia Retail Summit ini disinergikan melalui joint venture, investasi, pembukaan pabrik yang bertujuan untuk membuka peluang kerjasama lainnya untuk industri ritel, meningkatkan lapangan pekerjaan, hingga pendapatan negara melalui pajak. Indonesia Retail Summit ini diharapkan bisa menjadi wadah yang dapat memaksimalkan industri ritel hingga tumbuh secara optimal.

Adapun program-program HIPPINDO untuk membantu memulihkan dan mengembangkan industri ritel di Indonesia , di antaranya:

  • Hari Retail Modern Indonesia (HARMONI)
    Merupakan solusi dari sarana pendukung perusahaan ritel di Indonesia yang bernaung dalam HIPPINDO. Peresmian Hari Retail Modern Indonesia (HARMONI) ini dihadirkan dengan dasar Sarinah sebagai Toko Retail Modern Pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.
  • Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI)
    Merupakan acara tahunan HIPPINDO yang diselenggarakan sejak tahun 2017 sebagai bentuk apresiasi para pereitel di hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia pada bulan Agustus dan untuk meningkatkan penjualan para peritel di Indonesia. Para peritel anggota HIPPINDO memberikan diskon khusus selama bulan Agustus.

Source: https://www.suara.com/pressrelease/2022/07/14/220020/sempat-terpuruk-karena-pandemi-inilah-program-untuk-pulihkan-industri-ritel?page=2