Indonesia Retail Summit 2022, Upaya Hippindo Pulihkan Sektor Ritel dari Dampak Pandemi Covid-19

 Indonesia Retail Summit 2022, Upaya Hippindo Pulihkan Sektor Ritel dari Dampak Pandemi Covid-19

JAKARTA, KOMPAS.com – Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan menggelar Indonesia Retail Summit pada 15-16 Agustus 2022 mendatang di Sarinah, Jakarta.

Ketua Hippindo Budiharjo Iduansjah mengatakan, acara ini merupakan upaya untuk memulihkan sektor ritel yang selama 2 tahun belakangan terpukul Pandemi Covid-19. “Acara ini merupakan upaya dikarenakan dalam 2 tahun ini kami hanya bisa beradaptasi menghadapi tekanan Pandemi Covid-19. Sudah saatnya tahun 2022 ini menjadi momentum. Bekerja sama membuat agenda besar yang mengembalikan orang dari online ke offline traffic,” ujarnya saat konferensi pers dan sosialisasi Indonesia Retail Summit, Kamis (14/7/2022).

Sementara itu, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, sektor ritel memiliki kontribusi penting dalam mendorong pemulihan konsumsi rumah tangga. Kontribusi para peritel, termasuk yang berada di pusat perbelanjaan dapat mendorong peningkatan konsumsi rumah tangga.

Zulhas memaparkan, salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah konsumsi rumah tangga yang kontribusinya mencapai 53,65 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan tumbuh 4,34 persen pada kuartal I/2022.

“Saya menyambut gembira dan berharap pelaksanaan Indonesia Retail Summit 2022 dapat berjalan dengan baik dan lancar. Saya berharap acara ini dapat turut meningkatkan konsumsi domestik serta menciptakan peluang lebih besar untuk perkembangan dan kemajuan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), para pelaku ekonomi kreatif, pusat perbelanjaan dan pelaku bisnis ritel di seluruh Indonesia,” kata Mendag Zulhas.

Mendag Zulhas mengungkapkan, acara Indonesia Retail Summit 2022 meliputi kegiatan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) 2022 dan Hari Retail Modern Indonesia (HARMONI) 2022. Menurut dia, acara ini merupakan kesempatan emas bagi anggota Hippindo yang bergerak di sektor ritel, kuliner dan hiburan untuk dapat menggali potensi pasar secara global. “Di samping itu, dengan acara ini juga diharapkan dapat menarik wisatawan mancanegara sekaligus memperkenalkan kebudayaan Indonesia,” jelas Mendag Zulhas.

Mendag Zulhas menambahkan, acara ini merupakan salah satu sarana mempromosikan produk- produk dalam negeri, baik makanan, minuman, kerajinan maupun fesyen, baik untuk konsumen dalam negeri maupun pasar luar negeri. Tujuan akhirnya agar produk dalam negeri dapat bersaing di pasar global. “Indonesia Retail Summit 2022 juga dapat mendorong ekonomi kerakyatan dengan menggerakkan UKM sebagai suplayer di ritel luring maupun di platform lokapasar dan mendukung program Bangga Buatan Indonesia dengan belanja produk Indonesia,” pungkasnya.

Source: https://money.kompas.com/read/2022/07/14/183000926/indonesia-retail-summit-2022-upaya-hippindo-pulihkan-sektor-ritel-dari-dampak