Hippindo Gelar Indonesia Retail Summit Untuk Bangkitkan Sektor Ritel

 Hippindo Gelar Indonesia Retail Summit Untuk Bangkitkan Sektor Ritel

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) akan menghadirkan program tahunan baru, Indonesia Retail Summit. Langkah ini merupakan upaya untuk membangkitkan sektor ritel yang lesu terdampak pandemi.

Indonesia Retail Summit akan berlangsung selama dua hari, mulai 15 Agustus 2022 di Lantai 4 dan 5 Gedung Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat. Acara ini akan bertepatan dengan momentum perayaan Hari Jadi Sarinah.

Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah menjelaskan, Indonesia Retail Summit merupakan upaya Hippindo untuk membantu pemulihan ekonomi nasional dan berfokus untuk memulihkan kembali retail offline melalui kolaborasi dengan produk lokal maupun global.

“Indonesia Retail Summit ini diharapkan bisa menjadi wadah yang dapat memaksimalkan industri retail hingga tumbuh secara optimal,” kata Budi dalam konferensi pers, Kamis (14/7).

Budi bilang bahwa para peretail mengalami penurunan, baik dari segi daya beli, hingga transaksi. Perubahan zaman karena adanya integrasi dengan marketplace atau digitalisasi, maka memicu pula perkembangan industri retail.

Dalam acara Indonesia Retail Summit 2022 nantinya meliputi konferensi ritel selama dua hari, pameran ritel, pembukaan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) ke-6, serta peresmian Hari Retail Modern Indonesia (Harmoni).

Tenant-tenant yang akan hadir berbagai macam meliputi sektor Food and beverages (F&B), Fesyen, hingga Telekomunikasi.

Budi berharap lewat acara ini dapat membangkitkan sektor ritel yang lesu pasca pandemi. Acara seperti HBDI diharapkan mampu menjadi momentum bagi sektor-sektor ritel untuk bangkit, terutama fesyen.

Menurutnya, sektor fesyen mendapatkan dampak positif saat gelaran HBDI setiap tahunnya. “Sektor F&B sudah pulih. Namun sektor lainnya seperti fesyen masih sekitar 80%.

Harapan kami fesyen ini akan meningkat di hari belanja diskon,” tutur Budi.

Ke depan, diharapkan ajang Indonesia Retail Summit dapat berkembang lebih besar lagi. Hippindo berniat ingin menggelar pertemuan bagi seluruh ritel di Asia Tenggara lewat Asean Summit di tahun 2023.

Ketua Indonesia Retail Summit Anne Patricia Sutanto menambahkan, hadirnya program Indonesia Retail Summit ini adalah untuk memberikan semangat, motivasi, dan peluang kepada para peretail tanah air. Sehingga, bisa berdaya saing kembali seperti di situasi sebelum pandemi.

“Kami berharap, program tahunan ini bisa menjadi kawan dari perjalanan industri retail di Indonesia untuk berkembang, tidak hanya dari cakupan nasional, tetapi juga kancah internasional yang juga didukung oleh wadah asosiasi Hippindo,” kata Anne.

Hanya saja, mengenai potongan diskon yang akan dihadirkan selama acara HBDI, bersifat rahasia. Anne bilang, karena bertepatan dengan hari ulang tahun Indonesia ke 77, maka gambaran diskonnya akan seputar itu.

“Potongan diskonnya bisa jadi Rp 7.700 atau 77%, atupun 7+7. Baik bagi ritel online ataupun offline,” pungkas Anne.

Source: https://industri.kontan.co.id/news/hippindo-gelar-indonesia-retail-summit-untuk-bangkitkan-sektor-ritel